Sabtu, 26 Februari 2011

Kebudayaan yang Membanggakan


Budaya Indonesia adalah seluruh kebudayaan nasional, kebudayaan lokal, maupun kebudayaan asal asing yang telah ada di Indonesia sebelum Indonesia merdeka pada tahun 1945.
Beberapa tahun belakangan ini mungkn kita sering mendengar beberapa kebudayaan kita diklaim (re: diakui secara sepihak) oleh negara tetangga, dan dalam beberapa tahun belakangan ini juga warga kita jadi mulai sadar akan kebudayaan apa saja yang patut kita banggakan sehingga tidak mendapat pengeklaiman dari negara lain.
Dalam kasus ini seharusnya kita bersyukur, karena dengan cara seperti ini warga kita lebih sadar akan keberadaan kebudayaan yang sudah tersajikan dalam kehidupan kita dari dulu.
Banyak sekali kebudayaan di Indonesia yang sangat membanggakan, seperti tarian dari beberapa daerah, adat istiadat atau kebiasaan setiap daerah atau bahkan alat musik dan juga berbagai sejarah di setiap kota di negara Indonesia ini.
Bukan hanya itu yang Indonesia punya. Indonesia juga mempunyai beberapa kekayaan alam yang sangat luas, hasil tambang, minyak bumi dan sebagainya yang saat ini warganya sendiri masih memanfaatkan semua itu untuk menghasilkan pundi-pundi yang lebih banyak dengan menjualnya dengan pihak asing.
Bila dibandingkan dengan negara asing sebenarnya Indonesia jauh lebih kaya dari mereka karena Indonesia mempunyai kebudayaan yang luas, yang selalu mempunyai daya tarik sendiri. Namun, masyarakat kita tidak sadar akan hal ini.
Sebenarnya jika kita lebih lihat secara mendalam lagi sangat banyak kebudayaan indonesia yang sangat membanggakan. Maka, kita sebagai generasi kedepan harus bisa melestarikan kebudayaan-kebudayaan yang sudah ada agar membuat negara ini menjadi negara yang lebih berkembang dan maju. Karena pada dasarnya semua yang membanggakan di dalam negara itu dibuat oleh masyarakat yang mau mengangkat nama negaranya ke mata dunia.

Referensi :

  • Wikipedia


Alfi R 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar