Minggu, 06 Maret 2011

Seleksi Kondisi pada Delphi

Struktur kondisi digunakan untuk menyeleksi tindakan yang akan dilakukan oleh program berdasarkan syarat tertentu. Pernyataan kondisi yang ada antara lain :
  1. If – Then – Else
  2. Case – of
  3. Goto
If – Then – Else
Digunakan untuk menjalankan suatu pernyataan atau satu blok pernyataan, tergantung pada nilai yang diuji. Bentuk umumnya adalah :
If <kondisi> then <pernyataan>;
atau
If <kondisi> then <pernyataan1> else <pernyataan2>;
Kondisi adalah suatu ekspresi logika atau berupa syarat percabangan. Perintah If akan meguji ekspresi logika tersebut. Jika kondisi bernilai True maka akan mengerjakan pernyataan1, jika bernilai False maka akan mengerjakan pernyataan2.
Case – of
Percabangan case-of digunakan untuk menyederhanakan penggunaan if-then-else yang terlalu panjang. Biasanya case-of baru digunakan bila kondisi yang dihadapi lebih dari dua macam. Bentuk umunya adalah:
Case <kondisi> of
<daftar-1> : <pernyataan-1>;
<daftar-2> : <pernyataan-2>;
…..
…..
<daftar-n> : <pernyataan-n>;
end;
atau dapat ditulis dengan nilai default (nilai dasar tidak ada pilihan yang cocok):
Case <kondisi> of
<daftar-1> : <pernyataan-1>;
<daftar-2> : <pernyataan-2>;
…..
…..
<daftar-n> : <pernyataan-n>;
Else
<pernyataan-x>;
end;
GOTO
Pernyataan Goto merupakan percabangan yang tidak bersyarat dan digunakan untuk melompat ke sebuah baris program yang telah diberi kata kunci. Kata kunci tersebut didefinisikan dalam bentuk “Label”.
Baris perintah label dapat diletakkan disembarang tempat dalam blok program. Bentuk umumnya:
Begin
Label <nama_label>;
……..
Goto <nama_label>;
End;
Break
Pernyataan bresk digunakan untuk memaksa menghentikan perulangan, baik pada pengulangan While … Do, Repat … Until, For … Next. Jika terdapat pernyataan Break pada suatu perulangan, maka pelaksanaan program akan dilanjutkan ke baris dibawah struktur perulangan. Peintah break bhiasanya digunakan untuk menghentikan proses Loop. Contoh penggunaan break adalah :
Var
Hitung,X : Integer;
Begin
For Hitung:=1 to 10 do
If X>0 then
X:=X+1;
Else
Break;
End;
Exit
Pernyataan exit digunakan untuk keluar dari suatu blok program. Jika pernyataan exit berapa pada suatu procedure atau fungsi maka pernyataan exit akan menyebabkan proses tersebut dihentikan dan kontorl program kembali ke bawah garis pemanggil procedure atau fungsi tersebut. Jika pernyataan Exit berada pada program inti maka program akan terhenti. Berikut adalah contoh penggunaan pernyataan exit:
Var
Jumlah, Disct, Total:Integer;
Begin
If Jumlah<=100 then
Begin
Disct :=0,1*Total;
Total:=Total-Disc;
End;
Else
Exit;
End;
Keterangan: Jika input nilai Julmah kurang dari 100 maka akan dikurangkan Total dengan harga Disct. Namun jika nilainya bukan diantara 0 hinga 100 maka program akan dihentikan.

Sumber :
Alfi R 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar