Sabtu, 26 Maret 2011

Ms. Access

Membuat Database di Ms. Access 2007


Saat kita membuka Ms. Access 2007 maka akan muncul kotak dialog seperti di atas, tulis nama file yang akan di pakai untuk judul databasenya.







Lalu kita design Tabel data yang kita inginkan, dengan memilih Design View.


Lalu akan muncul kotak dialog agar kita menyimpan data kita, misal kita beri nama “Barang”

Lalu muncullah layar seperti pada gambar di atas

Isi semua Field yang kita butuhkan dalam membuat Tabel dengan data type semua Text, untuk ID kita harus menggunakan Primary Key yang artinya ID itu sebagai tanda pengenal barang yang kita tuliskan.


Save data yang kita buat lalu Klik  pada Barang : Table maka akan muncul Kotak dialog yang menyuruh kita mengisi data-data yang kita butuhkan, misalnya kita ingin membuat 15 Record data maka contohnya seperti di bawah ini.
Setelah diisi semua kita lanjut membuat Query dengan cara meilih icon Query Wizard di dalam tab Create, lalu muncullah kotak dialog di bawah ini.
 
Ikuti perintahnya, Kita pilih Simple Query Wizard, Klik OK lalu lanjutkan dengan memilih Field apa saja yang akan di jadikan report.

Setelah selesai Pilih Next dan Finish untuk menyetujui nama judul Querynya adalah Barang Query. Seperti gambar di bawah ini.

Setelah membuat Query, lanjutkan membuat Form. Cara membuat form itu mudah kita tinggal membuka Tab Create dan memilih icon Form dan otomatis layar Ms. Access akan beruh seperti ini.


Di dalam Form kita bisa mengedit data apapun yang kita ingin ubah, jika ada data yang ingin dirubah pilih View lalu Form View
Maka Kursor utuk mengetik kita akan aktif, misal disini kita ubah Nama Customer menjadi PT. Gagal sentosa di record ke-empat

Maka saat kita menjalankan atau membuat Report PT. Gagal Sentosa akan tercetak dengan nomer id barang yang sama dan nama barang yang sama juga.

Jika semua sudah ditulis dengan benar dan tersusun rapih maka Report pun siap dicetak seperti gambar di bawah ini.

Alfi R 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar