Kamis, 08 Maret 2012

Website dan Perkembangannya

Perkembangan internet kian pesat merambah ke dalam dunia teknologi. Penggunaan situs dunia maya dapat membuat kita melakukan aktivitas layarnya seperti di dalam dunia real yang kita hadapi setiap harinya. Misal, jika kita membeli sesuatu kita tinggal menggunakan akses website e-commerce kemudian melakukan pembayaran melalui e-banking. Begitu juga jika kita ingin mendaftar kuliah, masing-masing universitas mempunyai website-website yang menyediakan jasa layanan e-learning maka proses pendaftaran dapat dilakukan dengan cepat. Semua yang dilakukan pasti dengan mudah diakses oleh internet melalui media yang disebut website.



  • Pengertian Website

website adalah keseluruhan halaman-halaman web yang terdapat dalam sebuah dominan yang mengandung informasi. Sebuah website biasanya dibangun atas banyak halaman web yang saling berhubungan.

  • Jenis-Jenis Website

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat, website juga mengalami perkembangan yang sangat berarti. Dalam pengelompokan jenis web, lebih diarahkan berdasakan pada fungsi, sifat dan bahasa pemrograman yang digunakan.
Jenis-jenis web berdasarkan sifatnya adalah :

  1. Website dinamis, merupakan sebuah website yang menyediakan content atau isi yang selalu brubah-ubah setiap saat. Misalnya website berita seperti, www.kompas.com, www.detik.com, dan lainnya.
  2. Website statis, merupakan website yang kontennya sangat jarang diubah. Misalnya web profile organisasi dan lainnya
Berdasarkan tujuannya website dibagi atas: 
  1. Personal web, website yang berisi informasi pribadi seseorang
  2. Corporate web, website yang dimiliki oleh perusahaan,
  3. Portal web, website yang mempunyai banyak layanan mulai dari layanan berita, email dan jasa-jasa lainnya.
  4. Forum web, sebuah web yang bertujuan sebagai media diskusi.
  5. Disamping itu juga ada website e-Goverment, e-Banking, e-Payment, e-Procurement, dan sebagainya.
  • Perkembangan Website Saat Ini
Saat ini website adalah aplikasi layanan intenet yang paing banyak dipakai (populer). sedemikian popolernya hingga banyak orang yang keliru mengidentikkan website dengan internet. Hampir 80% layanan internet disedot oleh website.
Pertumbuhan website sangat cepat sekali, boleh dibilang setiap hari bermunculan puluhan bahkan ribuan web baru, hal ini tidak terlepas dari pengaruh perkembangan teknologi internet dan teknologi komunikasi data serta banyaknya tersedia tool-tool untuk membuat website secara gratis di internet. Hingga saat ini, jumlah halaman web yang dapat diakses melalui internet sudah mencapai angka miliaran.

Sumber : Yuhefizar, S.Kom, dkk. 2009. "Cara Mudah Membangun Website Interaktif Menggunakan Content Management System Joomla" Edisi Revisi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar