Rabu, 07 Maret 2012

Hardware Komputer

Sebagai pengguna komputer sudah selayaknya kita dapat mengetahui bentuk dan fisik dari perangkat komputer yang kita gunakan. Bentuk-bentuk yang terlihat secara fisik pada umumnya terdiri dari empat komponen, yaitu CPU (Central Prossecing Unit), monitor, keyboard dan mouse. Namun ternyata masih banyak lagi hardware-hardware yang perlu kita ketahui untuk mengenal komputer lebih lanjut lagi.
  • Prosesor
Prosesor merupakan otak dari semua proses yang terjadi di dalam komputer. Semakin tinggi nilai kecepatan prosesor, semakin tinggi kinerja komputer dalam melakukan proses.
  • Motherboard
Motherboard adalah induk komponen, terdapat di mana semua komponen akan dipasang. Komponen seperti prosesor, memori, hardisk dan lainnya semua akan terhubung dengan motherboard.

  • Memori
Memori biasa disebut dengan RAM (Random Access Memory) berfungsi untuk membantu proses transfer data pada CPU. Makin besar kapasitas RAM yang dipakai, akan semakin cepat proses yang terjadi pada komputer. Semua proses yang kita lakukan akan diproses ke dalam memori. Memori ini mempunyai daya tampung. Jika daya tampung ini penuh, memori tidak akan mengingat proses yang paling akhir dan begitu yang terjadi seterusnya. Jadi, semakin besar ukuran memori, semakin tinggi daya ingat komputer dan hal ini tentu akan mempercepat proses yang berjalan.
  • Harddisk
Harddisk berfungsi sebagai media penyimpanan semua data file di dalam komputer, termasuk menyimpan sistem operasi, aplika-aplikasi, dokumen-dokumen, dan data file lainnya. Harddisk mempunyai daya tampung. Semakin besar kapasitas hardisk, akan semakin besar juga data yang dapat ditampung oleh harddisk.
  • CD/DVD-Rom
CD/DVD-Rom berfungsi untuk membaca atau menulis kepingan CD/DVD. Isi dari sebuah CD/DVD bisa berupa data file, file instalasi, dan lainnya persis seperti fungsi harddisk, hanya saja dalam bentuk kepingan CD/DVD, bahkan CD/DVD bisa difungsikan untuk mem-backup data yang ada dalam harddisk.
  • Modem Internal
Modem (Modulator-Demodulator) berfungsi untuk menterjemahkan sinyal kode digital agar kita bisa melakukan koneksi internet. Jenis modem ada bermacam-macam, salah satu modem Dial-Up. Modem ini cukup dihubungkan ke sambungan telepon, kemudian melakukan beberapa pengaturan untuk dapat menggunakan layanan Internet Dial-Up seperti Tolkomnet Instan. atau juga bisa menggunakan modem eksternal yang menggunakan sim card--yang sekarang marak di kalangan mahasiswa--seperti telkomsel, flexi, smart, smartfren dan lainnya.
  • Casing & Power Supply
Casing digunakan sebagai pembungkus seluruh komponen dalam CPU. Karena berfungsi sebagai rumah dari komponen-komponen komputer, casing cukup penting perannya untuk kenyamanan dan menjaga kondisi udara pada CPU.
Satu paket ketika pembelian casing adalah power supply. Power supply sebagai satu-saatunya pemasok tenaga komponen-komponen seperti motherboard, prosesor, harddisk, CD-ROM, kipas dan lainnya memang sangat penting perannya.Semakin besar daya listri pada power supply tentu semakin baik, apalagi jika kita banyak memasang komponen tambahan pada motherboard.
  • Monitor
Monitor merupakan bagian dari sebuah komputer yang berfungsi memberi tampilan visual dari semua perintah yang diberikan seorang user pada CPU (baik itu melalui mouse, keyboard atau joystick). Monitor tidak ubahnya seperti televisi, hanya saja monitor memiliki tombol panel untuk menyeting tampilan.
  • Mouse & Keyboard
Mouse dan Keyboard merupakan perangkat yang tidak dapat dipisahkan dari sebuah desktop, karena dengan kedua hardware tersebut anda memberi perintah pada komputer. Keyboard tak ubahnya sebuah mesin tik, yaitu hardware untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer. Sedangkan mouse adalah hardware yan memberi perintah dengan cara point-klik, dimana anda menunjukkan bagian maupun di tampilan monitor anda, lalu klik.
  • Speaker
Speaker merupakan hardware yang berfungsi mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
  • Hardware Tambahan
Selain hardware-hardware wajib yang sudah disebutkan, ada beberapa tambahan yang dapat digunakan untuk menambah fungsi atau kegunaan sebuah desktop. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Printer adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, diatas kertas.
  2. USB flash drive, atau biasa disebut dengan flashdisk, adalah alat penyimpanan data memori yang memiliki alat penghubung USB yang terintregrasi. Flashdisk ini biasanya berukuran kecil, ringan serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Kapasitas yang tersedia untuk flashdisk bermacam-macam, mulai dari 512 Mb sampai 64 Gb
  3. Scanner pada komputer merupakan hardware yang digunakan untuk memindai dokumen tulisan, foto atau gambar. Hasil pemindahan itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital, berupa gambar atau teks.
Dengan adanya penjelasan tentang hardware-hardware yang sudah dijelaskan semoga anda bisa mengenal sebuah komputer yang anda gunakan setiap harinya.

        Sumber : Setyaji, Jarot. 2010. Buku Pintar Menguasai Komputer dan Laptop. Jakarta: Mediakita.

        Tidak ada komentar:

        Posting Komentar