Sabtu, 07 April 2012

Sistem Operasi berbasis Web



Sistem operasi berbasis web (web-based operating system) merupakan salah satu jenis sistem operasi terkini yang memanfaatkan kemampuan jaringan dan bahasa pemrograman internet dalam me-render sebuah sistem operasi pada website.

Ada beberapa OS yang berbasis web, salah satunya adalah eyeOS. eyeOS adalah sistem operasi berbasis web yang bersifat open source, dibuat dengan menggunakan skrip PHP, eyeOS sudah menyediakan sebuah dekstop dengan sejumlah aplikasi dasar dan memiliki kemampuan develop aplikasi baru dengan menggukan eyeOS toolkit. Aplikasi ini dibuat pertama kali 1 Agustus 2005, setelah 2 tahun berselang, eyeOS Team akhirnya mempublikasikan eyeOS 1.0 pada tanggal 4 juni 2007.

eyeOS merupakan sistem operasi desktop yang memiliki fitur yang cukup lengkap. Berbagai aplikasi seperti kalender, RSS Reader, email client, word processor, spreadsheet, manajer kontak sudah menjadi aplikasi default yang terpasang dalam sistemnya. Ini adalah sistem dengan konsep  cloud computing yang bertujuan untuk memungkinkan kolaborasi dan komunikasi di antara pengguna, atau bisa juga sebagai perlindungan pribadi Anda ketika Anda terjebak menggunakan komputer orang lain.

Karena eyeOS dibuat berbasis PHP dan membutuhkan database MySQL maka langkah pertama harus melakukan instalasi paket PHP, MySQL dan web server Apache.

Download eyeOS | Panduan Instalasi 

Sumber : wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar