Sabtu, 01 Oktober 2011

Mengenal Internet



Internet..
Internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking - Wikipedia.
Awal saya mengenal kata itu saat saya berumur 12 tahun, kira-kira saat saya duduk di bangku Sekolah Dasar. Namun saya mulai mengetahui Internet secara lebih ke tahap browsing adalah saat saya masuk ke Sekolah Menengah Pertama.
Saat SMP saya mulai dikenalkan dengan internet. Awalnya saya disuruh mencari tugas melalui media berita, karena media yang digunakan bukan hanya televisi saja guru saya menyuruh untuk mencarinya lewat media internet dengan cara browsing data berita melalui Google.
Setelah mengetahui lebih tentang dunia internet lewat Google--sebuah situs pencarian data. Saya juga mulai merambah social network. Social Networking yang saya kenal pertama adalah Friendster.
Pada masa saya SMP, Friendster sudah mulai dikenal diberbagai kalangan remaja dan lainnya. Dengan adanya friendster kita bisa mengetahui lebih dalam lagi kehidupan dunia maya melalui testimonial dalam friendster dan sebagainya.
Lambat laun pengguna friendster semakin berkurang karena hadirnya sebuah Social Network terbaru yang dibuat oleh Mark Zuckerberg yaitu Facebook. Dan sat ini juga pecinta social Network sudah merambah ke Twitter.
Internet bukan hanya tentang social network. Masih banyak lagi berbagai hal yang bisa kita dapatkan melalui internet. Masih banyak situs-situs yang sering dikunjungi oleh berbagai orang di belahan bumi ini seperti Yahoo, Blogger, Wikipedia, Youtube, Kaskus, Detik.com, 4shared, Wordpress dan masih puluhan ribu lainnya.
Selain situs-situs yang dapat diakses oleh berbagai kalangan, dalam internet juga sangat diperlukan browser untuk mengakses situs-situs yang kita ketahui. Beberapa jenis browser yang sering digunakan adalah Microsoft Internet Explorer, Mozila Firefox, Google Chorme, Safari, Opera, Netscape Navigator dan masih banyak lagi. Program browser pertama adalah Mosaic, yang merupakan suatu text browser, yang sekarang web browser telah berkembang ke dalam bentuk multimedia.
Banyak sekali yang bisa kita peroleh dalam penggunaan internet ini. Bahkan kita juga bisa mendapatkan informasi lebih awal dari apa yang diberikan lewat media lain selain internet.
Internet itu ibarat sebuah lahan informasi tanpa batas, karena di dalamnya terdapat informasi-informasi yang benar-benar diungkap secara gamblang.
Bagi saya, Internet merupakan informasi terbesar dan sangat di perlukan oleh Dunia. Dan Website bagaikan majalah yang di buat dalam satu kertas yang panjang. Tanpa ada batasnya informasi yang di dapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar