Jumat, 14 Oktober 2011

Digital Theory : New Media

Digital Theory, kata itu mungkin belum di pahami oleh beberapa orang, meskipun kebanyakan orang-orang sudah tahu tentang hal ini.
Dunia ini sudah semakin maju, zaman pun telah berubah, dan era-era baru pun bermunculan. Perubahan-perubahan yang dialami mulai terasa, dari yang era analog kini sudah memasuki era digital, semua sudah mulai berkembang secara modern.
Digital berasal dari bahasa yunani yaitu, kata digitus yang berarti jari jemari. Jumlah jari-jemari kita adalah 10, dan angka 10 terdiri dari angka 1 dan 0, oleh karena itu digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner). Semua sistem komputer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Dapat disebut juga dengan istilah Bit (Binary Digit).
Teori Digital atau kerap disebut Digital Theory adalah sebuah konsep pemahaman dari perkembangan Zaman mengenai Teknologi dan Sains, dari semua yang bersifat manual menjadi otomatis dan dari semua yang bersifat rumit menjadi ringkas. Digital adalah sebuah metode yang Complex, dan fleksibel yang membuatnya menjadi sesuatu yang pokok dalam kehidupan manusia. Digital juga selalu berhubungan dengan Media, karena media adalah sesuatu yang terus selalu berkembang dari media zaman dahulu (old media) sampai sekarang yang sudah menggunakan digital (modern media/new media)
New Media atau media baru secara sederhana adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Seperti web, blog, social network, online forum, dsb yang menggunakan komputer sebagai media-nya.
Dengan media computer kini kita dapat mengetahui perkembangan dunia saat ini melalui internet, sekarang pun internet menjadi kebutuhan setiap manusia. Sebagian orang kini sudah meninggalkan televisi, radio, atau Koran untuk mencari wawasan. Kini new media yang menjadi salah satu penggantinya yaitu Internet.
Media baru memang banyak membawa nilai positif maupun negative, namun hal tersebut sesuai bagaimana kita menyikapinya. Jika kita tahu dan paham bagaimana memanfaatkan media baru tersebut, tentu kita pun akan banyak memperoleh hasil yang berguna untuk kita sendiri.

Sumber : Lihat disini dan disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar