Kamis, 18 September 2014

Smartphone Canggih Tidak Perlu Mahal

Facebook Smartfren
Ponsel pintar atau yang lebih sering kita dengar dengan sebutan smartphone, kini sedang marak di dunia, termasuk di Indonesia. Berbagai macam kalangan seakan berlomba untuk memiliki produk ponsel pintar tersebut untuk penunjang aktivitasnya, tapi dengan berbagai produsen yang menawarkan jenis ponsel pintar ini membuat konsumen sendiri terkadang bingung memilih produk mana yang cocok untuknya. Lebih tepatnya cocok untuk kantongnya, karena kebanyakan smartphone canggih memiliki harga yang canggih juga (re: mahal).

Samsung adalah produk yang paling terkenal untuk bidang smartphone. Segala macam seri smartphone yang ditawarkan pun beragam, mulai dari spesifikasi rendah sampai tinggi yang setara dengan harga yang akan dibayarkan nantinya dan cukup membuat isi dompet kita dari yang cukup tebal jadi tidak tebal sama sekali.

Mengenal smartphone berarti kita juga harus mengenal product-product dari Smartfren, selain Samsung, salah satu produsen yang menawarkan seri smartphonenya adalah Smartfren. Sebuah perusahaan provider yang merambah ke dunia ponsel, terutama smartphone, yang cukup diperhitungkan eksistensinya.

Di era sekarang siapa yang tidak kenal dengan product Smartfren?

Kedua perusahaan ini cukup sering mengeluarkan seri smartphone andalannya, dengan spesifikasi yang semakin canggih dan memanjakan konsumen dengan berbagai fasilitas canggih yang dikeluarkan dari product terbarunya. Salah satu product mereka adalah Samsung Galaxy Grand Duos untuk product Samsung dan Smartfren Andromax Z untuk product andalan Smartfren.

Namun, diantara dua ponsel canggih itu, manakah ponsel yang memiliki harga yang cukup dengan kantong dan spesifikasi jauh lebih mumpuni?



Dari video di atas dapat disimpulkan perbandingannya sebagai berikut:

1. Layar
Cr: google.com

Untuk kali ini, seri Andromax dari Smartfren ini memiliki layar dengan ukuran 5.5" yang memiliki resolusi  720x1080 pixel atau yang biasa dikenal dengan HD (High Definition) yang membuat gambar beserta tulisan akan terlihat lebih padat dan jelas, bagi penikmat film dengan kapasitas bluray ponsel ini bisa menghindari lag seperti yang terjadi di ponsel lain. Bukan hanya itu pada Andromax Z ini juga layarnya lebih responsif dan bisa dilihat dari sisi yang berbeda tanpa mempengaruhi warnanya. Sedangkan seri Samsung Galaxy Grand Duos masih menggunakan TFT LCD yag bisa disebut teknologi yang lebih awal.

2. Performa
Cr: blog.zooper.com

Sistem operasi yang dibawa masing-masing ponsel ini adalah sistem operasi Android dimana keduanya memakai sistem Android yang sama, Jelly Bean, namun Andromax Z memiliki seri yang lebih unggul yaitu 4.2.2 sedangkan Grand Duos masih dengan OS Jelly Bean 4.1.2. Selain OS, prosessor juga sangat penting untuk performa smartphone, dimana Andromax Z memiliki prosessor Quad Core dengan kecepatan 1.5 GHz, Sedangkan Samsung Grand Duos memiliki prosessor Dual Core dengan kecepatan 1.2 GHz. Dan bagi pecinta game tentu saja Andromax Z akan memberikan tampilan yang lebih memuaskan dan tidak mengecewakan.

3. Kamera

Cr: mcmagazine.com.br

Untuk sektor fotografi, keduanya memiliki resolusi yang sama, dengan kamera utama 8MP dan kamera depan 2MP. Namun dalam sebuah performa kamera, OS sangatlah penting dikarenakan performa yang baik akan dihasilkan baik pula dari sistem operasi yang mendukung sebuah device dengan kapasitas tertentu. Andormax Z memiliki OS yang setingkat lebih tinggi dibanding Grand Duos dan dapat dipastikan kejernian gambar yang ditampilkanpun jauh lebih jelas untuk Andromax Z.

4. Baterai dan Memori
Cr: blogbattery.com

Sementara untuk urusan daya tahan, Andromax Z mempunyai kapasitas 2500 mAH dan daya simpan untuk memori internalnya 8GB dengan RAM 1GB sedangkan untuk ekspansinya bisa mencapai 32GB. Sedangkan untuk daya tahan Grand Duos mempercayakannya kepada baterai Li-ion yang memiliki kapasitas 2100 mAH dan daya simpannya 8GB untuk memory internal dengan RAM 1GB sedangkan untuk ekspansinya bisa mencapai 64GB.

5. Harga
Cr: mitegen.com

Untuk yang satu ini, adalah hal yang terpenting dari beberapa poin di atas, spesifikasi untuk sebuah device yang akan dimiliki memang penting tapi jika harga yang ditawarkan tidak terjangkau, percuma saja. Device tersebut tidak akan terbeli. Andromax Z menawarkan harga sekitar 2,8 jt sedangkan Grand Duos sampai 3 jt.

Dari beberapa hasil perbandingan tadi, bisa dlihat beberapa perbedaan yang mencolok di antara keduanya, dari resolusi layar sampai kecepatan dapur pacu yang ditanamkan pada masing-masing ponsel pintar tersebut. Namun dapat disimpulkan bahwa Smartfren mengusung konsep bahwa sebuah smartphone canggih tidak perlu memiliki harga mahal, buktinya mereka menyediakan fasilitas canggih itu dengan harga yang tidak perlu membuat konsumennya merogoh kocek dalam-dalam di Andromax Z yang baru saja diulas keunggulannya.

Mungkin bisa mengutip kata-kata dari salah satu iklan "Ada yang murah, kenapa harus beli yang mahal?"

Demikian artikel ini dibuat, semoga bisa bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

Note: Postingan blog ini diikut sertakan dalam #SFAndromaxBlog #SemangatBerbagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar