Minggu, 14 Agustus 2011

Merevisi Tulisan

Salah satu cara untuk mendapatkan masukan berharga bagi naskah novel adalah dengan memberikannya pada seseorang untuk dibaca. Keluar dari cangkang kepuasan dan biarkan orang lain menilai karya anda. Perlu diketahui bahwa naskah yang sudah selesai bukanlah hal akhir. Naskah akan melewati fase-fase “penuh duri” sebelum diterbitkan. Sebelum melewati kegarangan seorang editor, sebaiknya anda mendapatkan masukan dari seseorang tentang naskah novel anda.

Ada beberapa hal yang dapat anda dapatkan dari hal tersebut:

  1. Cara pandang baru terkadang dapat menemukan kesalahan dan masalah yang tidak dapat anda lihat setelah lama berkutat dengan proses penulisan yang anda lakukan.
  2. Langkah ini dapat membantu anda untuk mengidentifikasi apa yang ada di pikiran pembaca tentang novel anda. Terkadang, mereka dapat menangkap adanya konflik atau tema yang tidak tergarap dengan baik.
  3. Proses publikasi novel akan melewati proses kritik dan revisi. Anda perlu mendapatkan kritik dan penilaian tentang novel anda dari orang lain.

Langkah selanjutnya adalah menentukan siapa yang akan anda minta pertolongan untuk membaca naskah novel anda. Beberapa catatan di bawah ini mungkin dapat anda pertimbangan untuk menentukan orang yang anda minta pertolongan:

  1. Apakah anda dapat menghormati opini orang yang bersangkutan?
  2. Apakah anda percaya bahwa orang tersebut akan memberi masukan yang jujur tentang novel anda?
  3. Apakah oran tersebut memiliki waktu dan kesabaran untuk memberikan masukan dan kritikan.
  4. Dapatkah anda menerima kritik dari orang tersebut tanpa sakit hati?
  5. Setelah menemukan orang yang tepat untuk membaca naskah novel anda, sebaiknya anda memberikan petunjuk tentang jenis masukan yang ingin anda dapatkan.

Anda tentu tidak ingin sekedar mendapatkan masukan “suka” atau “tidak suka” dari mereka.Anda pasti ingin mendapatkan masukan yang bisa anda gunakan sebagai modal selama proses editing dan revisi.

Pertanyaan-pertanyaan mendasar di bawah ini dapat anda jadikan daftar pertanyaan untuk mendapatkan masukan yang anda inginkan:

  1. Tema apa yang anda tangkap dari naskah novel saya?
  2. Apakah ada alur yang membuat anda merasa keluar dari inti cerita, mungkin ada bagian cerita yang terlihat tidak ralistis?
  3. Apakah anda menemukan karakter yang luarbiasa? Jika ya, apa alasannya?
  4. Apakah akhir cerita terasa logis atau mengada-ada?
  5. Adakah titik tertentu yang membut anda bingung tentang apa yang terjadi pada alur cerita?
  6. Pada titik alur mana anda merasa bosan dan bagian yang mana yang anda inginkan untuk lebih di eksplorasi?
  7. Adakah bagian novel yang membuat anda merasa bahagia, sedih atau marah?

Daftar pertanyaan di atas hanya sebagai petunjuk dasar. Anda dapat merubahnya tergantung jenis tulisan dan jenis masukan yang anda inginkan.


Semoga bermanfaat.

sumber : lihat disini!


Alfi R 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar