Jumat, 14 Oktober 2011

Digital Theory : New Media

Digital Theory, kata itu mungkin belum di pahami oleh beberapa orang, meskipun kebanyakan orang-orang sudah tahu tentang hal ini.
Dunia ini sudah semakin maju, zaman pun telah berubah, dan era-era baru pun bermunculan. Perubahan-perubahan yang dialami mulai terasa, dari yang era analog kini sudah memasuki era digital, semua sudah mulai berkembang secara modern.
Digital berasal dari bahasa yunani yaitu, kata digitus yang berarti jari jemari. Jumlah jari-jemari kita adalah 10, dan angka 10 terdiri dari angka 1 dan 0, oleh karena itu digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner). Semua sistem komputer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Dapat disebut juga dengan istilah Bit (Binary Digit).
Teori Digital atau kerap disebut Digital Theory adalah sebuah konsep pemahaman dari perkembangan Zaman mengenai Teknologi dan Sains, dari semua yang bersifat manual menjadi otomatis dan dari semua yang bersifat rumit menjadi ringkas. Digital adalah sebuah metode yang Complex, dan fleksibel yang membuatnya menjadi sesuatu yang pokok dalam kehidupan manusia. Digital juga selalu berhubungan dengan Media, karena media adalah sesuatu yang terus selalu berkembang dari media zaman dahulu (old media) sampai sekarang yang sudah menggunakan digital (modern media/new media)
New Media atau media baru secara sederhana adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Seperti web, blog, social network, online forum, dsb yang menggunakan komputer sebagai media-nya.
Dengan media computer kini kita dapat mengetahui perkembangan dunia saat ini melalui internet, sekarang pun internet menjadi kebutuhan setiap manusia. Sebagian orang kini sudah meninggalkan televisi, radio, atau Koran untuk mencari wawasan. Kini new media yang menjadi salah satu penggantinya yaitu Internet.
Media baru memang banyak membawa nilai positif maupun negative, namun hal tersebut sesuai bagaimana kita menyikapinya. Jika kita tahu dan paham bagaimana memanfaatkan media baru tersebut, tentu kita pun akan banyak memperoleh hasil yang berguna untuk kita sendiri.

Sumber : Lihat disini dan disini

Sabtu, 01 Oktober 2011

Social Media


Social media merupakan media "baru" yang digunakan untuk bersosialisasi, terutama menggunakan internet, sehingga proses sosialisasi dapat menjadi lebih mudah dan lebih luas, seluas internet itu sendiri (tanpa terhalang batas geografis), selama pengguna terkoneksi dengan internet. Seiring dengan murahnya harga internet dan komputer, maka pengguna internet pun semakin besar, sehingga jumlah pengguna social media juga meningkat. Selain itu, kenaikan penggunaan social media secara drastis juga didukung oleh internet mobile broadband yang disediakan oleh berbagai operator telekomunikasi dan kemajuan teknologi mobile phone/handphone, sehingga jika seseorang ingin berinteraksi via social media, dia cukup menggunakan handphone yang kecil dan cukup diletakkan di kantong, tanpa perlu membawa komputer.
Media sosial berkembang dengan sangat pesat, mulai dari yang sifatnya komunikasi (blog, social networking, forum), multimedia (photo, audio video sharing), kolaborasi (wiki, social bookmarking), review, hingga hiburan (game online), semuanya berkembang dengan sangat pesat. Twitter, Facebook, Koprol, Plurk, Digg, menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari – hari di jagad maya.
Media sosial ibarat virus yang menyebar dengan cepat, media sosial juga sudah menginfeksi brand – brand yang dulunya belum berminat untuk memaksimalkan media sosial. Semakin banyak saja brand yang terjun ke media sosial, mengingat pentingnya media sosial ini sebagai marketing tool. Bayangkan saja, sekarang banyak brand yang melakukan promosi & pemasaran via Facebook, Twitter, dll.
Hal ini disebabkan meledaknya pengguna media sosial, dan perusahaan tidak mau menyia-nyiakan peluang ini untuk menggaet target pasar. Bahkan banyak juga brand yang membentuk departemen tersendiri untuk memaksimalkan media sosial ini.
Melalui media sosial ini juga dapat dibangun relationship antara brand dan pelanggan & target pasar. Brand-brand semakin menyadari bahwa mereka dapat melakukan interaksi aktif dengan pelanggan melalui media sosial. Brand bisa mengobservasi apa saja yang menjadi keinginan dan kebutuhan pasar, untuk kemudian menjawabnya dengan produk/layanan yang sesuai. Bayangkan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan oleh brand tersebut jika mereka harus melakukan riset tanpa bantuan media sosial.
Fase selanjutnya adalah membangun komunikasi dengan komunitas yang sudah terbentuk tadi, intinya adalah bagaimana mengelola komunitas tadi, tidak ada gunanya memiliki komunitas di media sosial jika tidak bisa mengelola mereka. Solid tidak nya komunitas brand tadi akan menjadi tolak ukur pendapatan brand di internet business.
Dalam penggunaan media sosial ini bukan hanya hal positif saja yang didapatkan namun juga banyak hal negatif yang diterima seperti kasus Prita Mulyasari dengan salah satu RS karena kecerobohannya mengenai ketidaknyaman fasilitas RS dipublish di salah satu media surat elektronik. Juga yang terbaru adalah kasus seorang siswa sebuah sekolah yang memukuli wartawan dan men-sharenya di salah satu jejaring pertemanan seperti twitter yang membuat dirinya dan teman-temannya diangkut ke kantor polisi.
Dengan banyaknya kecerobohan-kecerobohan itu adalah salah satu dampak dari penggunaan media sosial yang mendapat tanggapan negatif. Namun tidak semua penggunaan media sosial itu negatif karena masih banyak sekali kasus-kasus positif yang di dapat dari hal semacam ini.

Mengenal Internet



Internet..
Internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking - Wikipedia.
Awal saya mengenal kata itu saat saya berumur 12 tahun, kira-kira saat saya duduk di bangku Sekolah Dasar. Namun saya mulai mengetahui Internet secara lebih ke tahap browsing adalah saat saya masuk ke Sekolah Menengah Pertama.
Saat SMP saya mulai dikenalkan dengan internet. Awalnya saya disuruh mencari tugas melalui media berita, karena media yang digunakan bukan hanya televisi saja guru saya menyuruh untuk mencarinya lewat media internet dengan cara browsing data berita melalui Google.
Setelah mengetahui lebih tentang dunia internet lewat Google--sebuah situs pencarian data. Saya juga mulai merambah social network. Social Networking yang saya kenal pertama adalah Friendster.
Pada masa saya SMP, Friendster sudah mulai dikenal diberbagai kalangan remaja dan lainnya. Dengan adanya friendster kita bisa mengetahui lebih dalam lagi kehidupan dunia maya melalui testimonial dalam friendster dan sebagainya.
Lambat laun pengguna friendster semakin berkurang karena hadirnya sebuah Social Network terbaru yang dibuat oleh Mark Zuckerberg yaitu Facebook. Dan sat ini juga pecinta social Network sudah merambah ke Twitter.
Internet bukan hanya tentang social network. Masih banyak lagi berbagai hal yang bisa kita dapatkan melalui internet. Masih banyak situs-situs yang sering dikunjungi oleh berbagai orang di belahan bumi ini seperti Yahoo, Blogger, Wikipedia, Youtube, Kaskus, Detik.com, 4shared, Wordpress dan masih puluhan ribu lainnya.
Selain situs-situs yang dapat diakses oleh berbagai kalangan, dalam internet juga sangat diperlukan browser untuk mengakses situs-situs yang kita ketahui. Beberapa jenis browser yang sering digunakan adalah Microsoft Internet Explorer, Mozila Firefox, Google Chorme, Safari, Opera, Netscape Navigator dan masih banyak lagi. Program browser pertama adalah Mosaic, yang merupakan suatu text browser, yang sekarang web browser telah berkembang ke dalam bentuk multimedia.
Banyak sekali yang bisa kita peroleh dalam penggunaan internet ini. Bahkan kita juga bisa mendapatkan informasi lebih awal dari apa yang diberikan lewat media lain selain internet.
Internet itu ibarat sebuah lahan informasi tanpa batas, karena di dalamnya terdapat informasi-informasi yang benar-benar diungkap secara gamblang.
Bagi saya, Internet merupakan informasi terbesar dan sangat di perlukan oleh Dunia. Dan Website bagaikan majalah yang di buat dalam satu kertas yang panjang. Tanpa ada batasnya informasi yang di dapat.